Dalam buku Jim Collins, Good to Great, disebutkan bahwa perusahaan baik menjadi hebat selalu melakukan regenerasi di dalam organisasi dan menjadikan “Orang Dalam” atau “Insiders” sebagai pemimpin dari perusahaannya. Dalam bukunya dia menyebutkan salah satu contoh perusahaan Good to Great adalah Circuit City.

Dalam Harvard Business Review terbitan November 2010, ada artikel menarik dari James M. Citrin dan Dayton Ogden berjudul Succeeding at Succession, ahli suksesi perusahaan Amerika, yang mencoba menantang pemikiran Collins. Dalam riset yang mereka lakukan, ternyata praktek di USA saat ini menunjukkan perbandingan antara Outsiders dan Insiders yang diangkat oleh perusahaan2 di Amerika hampir berimbang, diantaranya sbb:

1. Untuk kategori Outstanding Performers, 28% adalah outsider dengan contoh William D. Perez sbg CEO Wrigley setelah menjadi CEO Nike, kemudian disusul sekitar 23% insider dengan contoh Robert Iger, CEO Disney.

2. Untuk kategori Solid Performers, 54% adalah insiders dan 46% adalah outsiders.

3. Untuk kategori Poor Performers, memang 26% adalah dari Outsider, dan 23% adalah dari Insider, namun yang mengejutkan adalah terdapat nama Philip Schoonover sbg CEO Circuit City sebagai Poor Performers yang termasuk dalam Insiders.

Kalau lihat dari angka di atas, regenerasi untuk tampuk pemimpin perusahaan menjadi relative, walaupun regenerasi tetaplah penting. Tapi mungkin Jim Collins perlu membuat revisi buku Good to Great atau membuat teori pembaruan :p.

Advertisements