Buku ini bisa dikatakan sebagai memoar perjalanan & perjuangan seorang Iwan Setyawan yang dinovelkan, dimana seorang anak tukang becak di Malang akhirnya bisa menaklukkan kejamnya kota New York di USA, posisi terakhirnya adalah sebagai Direktur Internal Klien di Nielsen New York.
Buku ini juga menambah koleksi novel-novel sejenis seperti laskar pelangi dan 5 menara 5 negeri yang juga bersifat motivasional.
Secara isi, saya acungi 2 jempol untuk buku ini, karena memang sangat bagus & patut dibaca, apalagi oleh generasi muda. Iwan dengan singkat namun runut mampu menyajikan perjuangan-perjuangan yang dialami dia dan keluarganya demi keluar dari “stigma” bahwa kemiskinan adalah takdir. Secara tersirat Iwan hendak menyampaikan bahwa bangsa Indonesia sudah terbiasa “ditakut-takuti”, mulai dari takut setan hingga takut untuk keluar dari “zona nyamannya” walaupun pada kenyataannya kemiskinan adalah bukan zona yang nyaman sama sekali.
Yang paling menarik dan penting menurut saya adalah bagaimana Iwan menceritakan sosok Ibu-nya yang sederhana, tabah namun kuat & punya keyakinan bahwa anak-anaknya harus lebih baik bahkan jauh lebih baik dari kondisi kedua orang tuanya. Bagaimana sang Ibu memperjuangkan agar “pendidikan” untuk anak-anaknya selalu didapatkan. Bahkan untuk 4 anak perempuannya, karena perempuan juga harus mandiri. Nyatalah bahwa figur seorang istri dan ibu adalah kekuatan dibalik hebatnya seorang suami dan anak-anaknya.
Dari segi penyajian terlihat sekali buku ini tadinya hanya memoar, namun dinovelkan. Pe-novel-an terlihat dari adanya tokoh anak kecil yang selalu bersama Iwan yang membuat kita bertanya-tanya, “siapa anak kecil ini?” sebagai suspend. Di sisi lain juga sisi romansa ditampilkan dalam buku ini sebagai bumbu, walau bumbunya pedas.
Hanya saja kritik untuk buku ini adalah, alur yang menurun di akhir, sehingga menurunkan gairah membaca kita di akhir.
Namun secara keseluruhan, Buku ini LAYAK DIBACA BAHKAN WAJIB.

Rating ( 1 = sangat buruk , 5 = sangat bagus)

Isi: 4.5

Desain cover: 3.5

Ukuran buku: 4

Reader friendly: 4.5

Advertisements