Tadi malam gw pikir acaranya bakal boring, tapi ternyata banyak insight yang gw dapet. Sebenernya itu forum hanya ceo aja, tapi gw ditugaskan dateng karena memang ke depan gw yang akan wakilin kantor di asosiasi itu.
Mata gw langsung gak ngantuk setelah seorang analis ekonomi dari salah satu bank ternama Eropa naik mimbar. Karena presentasinya soal ekonomi & omong soal resesi dunia serta imbasnya untuk Indonesia, gw langsung excited berat.
Dalam presentasinya ada beberapa poin yang dibicarakan yang gw masih ingat:
1. Resesi di Yunani-Itali-Portugal akan berimbas ke negara-negara lainnya di Eropa.
2. Yunani menjelang kebangkrutannya.
3. Suku bunga di AS akan tetap rendah hingga 5-10 th ke depan untuk menjaga stabilitas, namun USD akan menjadi dying currency.
4. Investasi akan lari ke emerging countries terutama obligasi.
5. Obligasi yang masih menarik adalah di India, Brazil & Indonesia.
6. Emerging countries seperti China, India & Indonesia tidak akan terlalu terkena imbas dari resesi ini.
7. PDB Indonesia tahun ini malah naik dari 6.1 ke 6.5 dan diperkirakan akan terus naik.
8. Angka Middle Class di Indonesia juga saat ini sudah mencapai 56% dari jumlah penduduk dibanding tahun 2009 yang hanya 25%.
9. Ekonomi Indonesia berkembang dipacu oleh faktor konsumsi domestik yang tinggi.
10. Diperkirakan dalam tahun 2020 Indonesia akan menduduki posisi 6 sebagai kekuatan ekonomi terbesar dunia dari sekarang di posisi belasan.
11. Pendapatan per kapita terus meningkat, dari USD 2000 di 2 tahun lalu sekarang sudah USD 3000 menuju ke USD 3500 dan akan terus naik ke depan.
12. Sektor-sektor komoditas & energi akan menjadi penopang kuat ekonomi.
13. Angka IHSG yang terus naik dan diperkirakan akan terus naik.
14. Peningkatan angka Middle Class terjadi di China, India, Indonesia & Pakistan.

Melihat ke presentasi tersebut, gw takjub sama negeri ini. Ternyata despite of bimbangnya SBY & maraknya koruptor, negara ini hebat & kuat. Bayangkan, Yunani tidak punya kekayaan alam apapun untuk dilego dengan hutangnya, while Indonesia dulu bisa survive karena punya banyak kekayaan. Bayangkan kalau negeri ini well managed, kita bisa jadi kekuatan dunia sesungguhnya.

Di presentasi kedua juga menarik, mengenai hasil riset dari sebuah lembaga riset konsumen kenamaan. Beberapa hal menarik yang masih gw ingat adalah:
1. Produk ke depan akan cenderung lebih Convenience, Health & Looking Good.
2. Cheap products akan ditinggalkan, dengan naiknya angka Middle Class mereka akan mengejar affordable products & rela membayar lebih mahal untuk kuaitas.
3. Konsumsi tertinggi adalah produk perawatan tubuh, kedua teh & susu RTD lalu ketiga adalah produk instant seperti mie dll.
4. Indonesia ternyata adalah anomali dari tren dunia, sementara di negara2 lain 3 hal terbesar yang dikhawatirkan masyarakatnya adalah ekonomi, pekerjaan & kesehatan sementara di Indonesia adalah Work-Life Balance, Parents Wellfare & Children Wellfare, ini membuktikan orang-orang Indonesia tidak pernah takut kehilangan pekerjaan.
5. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak ternyata menyumbang kepada perekonomian karena tingkat konsumsi yang tinggi. Dibanding china yang memberlakukan aturan 1 anak. Gw jadi mikir, berarti slogan banyak anak banyak rejeki tuh masih relevan ๐Ÿ™‚ untung KB gak wajib di Indonesia.

Itu beberapa hal yang gw inget & bener-bener membuka mata gw kalau Indonesia kita ini sangat membanggakan & penuh optimisme ke depan.

Jadi untuk apapun.. Indonesia pasti Bisa! ๐Ÿ™‚

