Akhirnya waktu yang ditunggu tiba, setelah urus2 dinas kantor, tiba waktunya berlibur lagi ha3x. Banyak temen yang heran memang, kok bisa sering cuti liburan gitu? Ya gitulah asiknya kerja di kantor gw.
Derawan adalah salah satu nama pulau dari kepulauan yang ada di kalimantan timur. Kita tahu dari acara salah satu radio swasta pagi-pagi, kabarnya sangat indah dan yang paling bikin menarik adalah: bisa berenang dengan stingless jellyfish alias ubur-ubur tanpa sengat. Wow!
Setelah lama direncanakan, akhirnya kita bisa ke sana juga. Kita dapat salah satu tour lokal, namanya kakaban trip, bisa follow twitter-nya di @KakabanTrip
Biaya cukup reasonable, bahkan murah dibanding ke luar negeri katakan malaysia sekalipun.
Ada beberapa tips yang mau gw share sebagai persiapan, yaitu:
1. Perjalanan ke derawan memakai speed boat. Jarak tempuh kalau dari tarakan sekira 3 jam atau dari berau sekira 30 menit saja. Perjalanan menggunakan speed boat lumayan menyiksa, baik bagi yang suka mabuk laut atau yang tidak. Jadi disarankan untuk naik speed boat dari berau saja. Tapi memang ada kerugian kalau pergi dari berau, karena pesawat ke berau tiba sore sekali jadi sampai ke derawan juga sore. Kalau mau lewat berau harus benar-benar santai & punya waktu cuti yang panjang.
Sementara kalau dari tarakan, bisa siang hari sudah sampai di derawan, tapi perjalanan speed boat 3 jam cukup menyiksa, apalagi kalau sedang gelombang di laut.
Untuk pesawat ke masing-masing tujuan ada, biasanya tidak ada yang direct, jadi harus transit sebentar di balikpapan.
2. Ittinerary wajib bawa adalah:
a. Obat2an pribadi
b. Sunblock
c. Obat nyamuk lotion atau spray
d. Jas hujan, bisa berguna saat hujan di laut waktu perjalanan dengan speed boat, maupun pas trip
e. Uang tunai, karena atm sulit ditemukan
f. Sim card Provider telepon selular yg sinyalnya bisa menjangkau ke sana, silahkan dicari tau saja infonya.
g. Sendal gunung & sendal jepit. Sendal gunung berguna karena lebih praktis & sesuai tanpa harus takut terlepas di medan berat. Kalau sendal jepit hanya untuk di penginapan saja biar lbh santai.
h. Kompas, untuk jaga-jaga saja
i. Tissue kering & basah
j. Makanan ringan untuk di speed boat secukupnya
k. Pakaian secukupnya dll

Setiba di derawan, kita langsung check in di penginapan yang sudah ditentukan. Disana penginapan ada yang seperti resort maupun homestay di rumah penduduk.

Setelah selesai check ini, kita lalu berburu sunset di salah satu jetty. Namun sayang, cuaca hujan, jadi kita tidak dapat sunset yang diincar.

Advertisements