Just a dream comes true.. Itu gambarin banget apa yang gw rasain pas tau Opa Moz alias Morrissey konser di Jakarta, Kamis, 10 Mei 2012.
Gw tau dia konser actually dari ponakan gw, terus mulailah gw browsing & confirmed, lalu mulailah rusuh beli tiket.
Lewat bantuan temen gw, karena pas tiket dibuka gw lagi pelesir ke Derawan, akhirnya dapat juga tiket festivalnya & gak lama tiket sold out, untung banget deh.
Excitement gw terbayar pol-pol-an sama penampilan si opa Moz ini, gila, awesome, ditambah crowd yang gila kayak di pensi jaman gw SMA dulu, ha3x what a good old days.
Opa Moz ini legendaris sekali, apalagi buat orang-orang Bandung yang sangat suka musik indie di jaman-jaman itu. Terbukti kemarin banyak banget orang Bandung yang nonton. Opa Moz dan the Smith-nya layaknya referensi wajib bagi penikmat musik anti kemapanan di Bandung waktu itu. Banyak band-band bagus dan indie yang menjadikan opa Moz sebagai influence-nya. Padahal kalau dibilang galau dan gloomy, lagu-lagu the Smith dan opa Moz ada di atas itu ha3x, soalnya isi musiknya menyuarakan kegalauan looser sebetulnya.
Dari jam 7, fans sudah masuk ke tennis indoor. Disuguhi lagu klasik asli bikin ngantuk, siapa bilang musik klasik bikin pintar?! Ha3x. Terus petugas ngasi tau bahwa konser mulai jam 9, maka duduklah para fans. Sekira jam 8, musik mulai menghentak, semua pada berdiri, karena difikir Moz akan muncul, ternyata belum.
Jam 8.30 layar putih di panggung mulai menayangkan video clip jadul, era 60-an s/d 70-an, sepertinya itu musik-musik influence-nya opa Moz, bahkan ada 1 penyanyi yang jambulnya kayak opa Moz ha3x walau kabarnya opa Moz nge-fans sama Deans.
Dan.. Tepat jam 9, layar putih jatuh.. Opa Moz dengan gagah dan elegant muncul di panggung.. Wah pecah!! Pecah abis!! Semua teriak histeris.. Euforia mulai terlihat karena fans semua merangsek maju ke depan.. Gila parah kayak pensi jaman SMA.
Gw asli merinding.. Dulu gw cuman denger lagunya dinyanyiin band-band Bandung aja, kemarin itu.. Wow! Di depan gw si opa hadir.. Mantap!! Ruarrr biasa mantap!!
How soon is now, You have killed me menjadi pembuka.. Pecah!! Pecah!! Terus Almamater, Throw my arms around Paris, First os the Gang To Die, Every Day Is Like Sunday,Suedehead, You’re the One For Me Fatty, wah mantap!!
Yang paling pecah.. Pas dia bawain “Let Me Kiss You”.. Buset sambil nulis aja masih merinding gw nih ha3x lebay memang but it’s true.
Si opa Moz ini adalah vegetarian, kabarnya karena memang dia merasa butcher di sana tidak berhati dalam memperlakukan hewan-hewannya. Kita disuguhin video proses butchering , wah gw jadi paham kenapa dia vegetarian, emang kejam banget prosesnya.
Opa Moz tampil cool dan wibawa sekali. Memang gak komunikatif, tapi dia beberapa kali mengeluarkan statement-statement singkat yang cool, misalnya dia merasa gak nyangka kalau para fans di Indonesia segitu dahsyatnya, terus dia bilang: “I don’t expect this”.. Singkat, tapi bikin fans-nya pecah semua setelah itu.
Opa Moz juga terkenal aktivis PETA dan juga sangat kritis terhadap Amerika dan PBB, di tengah konsernya dia bilang: “What’s UN? I don’t think UN is needed.. Dan fans pecah kembali.
Seperti di konser lainnya, dia selalu mengajak fans-nya naik ke panggung dan bahkan membiarkan beberapa naik ke panggung untuk salaman ataupun memeluk si opa.. Wah iri abis gw ha3x, susah soalnya merangsek ke depan gitu.
Hanya satu hal yang gw sayangkan dari konser opa Moz.. Kurang lama.. Dan masih banyak lagu legendarisnya yang tidak dibawain such as The More You Ignore Me The Closer I Get. Coba kalau itu dia bawain di akhir, bakal super duper pecah tuh :).
Somehow antara konser Simple Red dan opa Moz ada kesamaan, yaitu mereka sama-sama udah tua dan legendaris ha3x, tapi opa Moz gak keliatan sekeriput Simply Red dan stamina masih ok walaupun si opa Moz keliatan kepanasan sih, ya iyalah penontonnya penuh gila-gilaan begitu.
Yang bikin kurang dari konser ini.. Gitarisnya bergaya banci 😦 kayak liat salah satu artis Indo di panggung ha3x, suka sok-sok maju ke depan lagi cari-cari perhatian dia ha3x tapi it’s ok lah.. Kalah semua kharisma sama opa Moz mah.
Seumur pengalaman gw nonton konser, berikut di bawah urut-urutan the best nya, ukurannya karena: merindingnya, crowd asik & ikut bernyanyi semua, lagu yang dibawain, theme konser, komunikatif & ngangeninnya setelah konser:

1. Morrissey.. Gw belum puas, kalau dia konser lagi gw bakal beli lagi tetep 🙂
2. Jason Mraz di Java Jazz.. Selain lg top waktu itu, juga hadirnya bareng seseorang 🙂
3. Katy Perry, kolosal abis
4. Kings of Convenience, lagu-crowd ok, mereka lucu & komunikatif
5. Simply Red, legendaris abis

Yang lainnya standar sih walau ada band legendaris juga kayak Duran-Duran dan Suede.

Well done opa Moz.. My heart is open.. My heart is open to You 🙂

Advertisements