Pergi ke Kiluan gak pernah gw rencanakan sebelumnya… bahkan namanyapun baru gw denger dalam 1-2 bulan ini, itupun gara-gara ada temen gw yang ngajak ke sana dan udah 2x gak jadi… well gw rasa inilah tangan misterius Tuhan… dia udah rencanain semua perjalanan ini.
Gw juga bukan tipikal single traveler sebelumnya alias jalan sendirian… banyak hal yang ngalangin… gak asik lah. kurang fun lah, gak enjoy lah, bakal sendirian lah, terasing lah… tapi… what the heck deh… gw cuman bosen and berasa terlalu packed untuk tahun baruan di Jakarta ini… butuh fresh air, alam dan temen-temen baru… gitu niat tadinya.
Tanpa banyak mikir dan ampir-ampir impulsive… gw booked semua dalam hanya 15 menit aja… termasuk kontak-kontakan sama tournya.. yan Alhamdulillah masih ada seat yang kosong buat gw… walaupun berulang-ulang dia nanya… “berapa orang mas?” dan gw keukeuh jawab… “satu mas satu..” :p Maka pergilah gw dengan penuh excitement selepas pulang kantor di hari kerja terkahir 2012…
Singkatnya… ketika D-day.. penjemputan… gw ketemu sama sepasang suami istri asik tukang jalan-jalan.. tanpa banyak penyesuaian waktu kita langsung klop obrol soal wisata dan becanda-becanda sana sini… supir travel juga orangnya asik dan gak tengil… see… siapa bilang jalan sendiri gak fun? Pasangan ini banyak menginspirasi gw dalam perjalanan dan dalam kebersamaan kita di tour… Gimana mereka cinta negeri ini, mereka cinta alam dan daerah wisatanya dan rasa nasionalisme yang mereka ceritakan ketika mereka lihat banyak objek wisata bagus dan kelas dunia yang sudah banyak dikuasai asing. Tersirat bahwa mereka tengah berencana memiliki sebuah investasi di daerah wisata di Indonesia ini… hmmm menarik dan mencerahkan gw.

Selain mereka, gw juga ketemu anak-anak muda pertukaran pelajar dari berbagai negara yang diantar oleh 2 temen mereka dari UI, mereka ini juga orang2 yang asik dan mencerahkan. Mereka datang ke Indonesia untuk berlibur sambil melakukan kegiatan sosial. Bahkan ada 1 orang dari Belanda yang dia bilang, berpindah jurusan dari Markeitng ke HRD karena menurut dia Marketing terlalu banyak berkalkulasi dengan angka dan hanya angka… while HRD lebih mulia. Wow… di saat kita banyak yang materialistis… dia ini berpikir lain. Ada juga orang Turki, umurnya baru 22 tahun, tapi sudah niat buka usaha di Indonesia, yaitu Kebab… dia bilang kebab yang dijual di Indo bukan kebab asli Turki… hmm menarik dan semangatnya itu lho luar biasa. Ada juga anak muda dari UI, nih anak kocak dan pinter, banyak akalnya, yang paling lucu… karena di tempat wisata kita dilarang ada minuman keras… dengan pd-nya dia bilang ke bule2 itu “guys… do not bring any alcoholic drink or else it will be any tsunami hits the island” ha3x… an tu semua bule nurut… percaya aja mereka lagian ha3x… anak-anak muda yang mencerahkan.

Alam Kiluan memang luar biasa… itu di amini juga sama yang punya tempat wisata Pondok Anak Abah, tempat kita nginep. Awalnya dia membeli tanah di pulau Kiluan hanya buat liburan keluarga aja. Kebetulan si empunya ini kerja di luar negeri dan hanya beberapa minggu atau bulan aja ada di Indonesia. Tapi setelah dia lihat banyak keajaiban alam di Kiluan ini dan bagaimana lumba-lumba sudah diperjuangkan untuk dikonservasi sama satu LSM bernama Cikal milik Riko, diapun tertarik melakukan hal mulya yang serupa. Melakukan konservasi lumba-lumba di sana agar gak diburu oleh nelayan untuk umpan hiu. Sebelumnya nelayan suka memburu lumba-lumba untuk dijadikan umpan hiu, hiu diburu untuk dijual fin-nya karena sangat mahal. Dengan cara dijadikan objek wisata, maka dua makhluk ajaib ini jadi terkonservasi, dan tentunya mendatangkan berkah & rejeki untuk warga. Akhirnya dia jadikan resort yang dia punya jadi tempat wisata, agar bisa memberikan keajaiban itu ke orang-orang lain dan juga mendatangkan rejeki bagi warga sekitar.
Hal lainnya, dia juga geram dengan maraknya orang asing membeli tempat wisata di Indonesia. Hal ini adalah juga merupakan salah satu upaya dia untuk reclaim tempat wisata milik negeri kepada WNI kembali.
Sungguh mencerahkan buat gw… sama sekali belum pernah kepikiran sama gw sebelumnya konsep kayak gitu… tangan Tuhan memang sungguh misterius dalam merubah sesuatu.

Gw juga ketemu aktivis konservasi terumbu karang yang ternyata adalah temennya temen SMA gw… wakakak… sempit dunia ini… anak ini juga hebat dan mencerahkan.

Pencerahan lainnya yang gw dapet di Kiluan adalah… gw bisa ketemu temen yang luar biasa, termasuk orang-orang yang juga kenal dengan temen-temen lama gw.. dan gw bisa ketemu lagi sama temen yang udah 12 tahun gak ketemu… amazing…

Kiluan… luar biasa mencerahkan… pertama kali dalam hidup gw… gw bisa pergi sendiri dan keluar dari zona nyaman gw untuk kedua kalinya šŸ™‚ funtastic

