Christine Porath adalah associate professor pada Georgetown University’s McDonough School of Business.
Christine Pearson adalah professor pada Thunderbird School of Global Management.
Keduanya menulis buku “The Cost of Bad Behavior: How Incivility Is Damaging Your Business and What to Do About It (Portfolio, 2009).

Tulisan berikut adalah rangkuman dari tulisan keduanya yang juga diterbitkan dalam Harvard Business Review, April 2009.

Para penulis telah melakukan penelitian selama 1 dekade mengenai ketidaksopanan atau incivility yang biasa menjadi prilaku antisosial di tempat kerja ternyata jauh menimbulkan dampak buruk dari yang pernah dibayangkan para manager sebelumnya.

Prilaku tidak sopan atau incivility atau antisosial disini termasuk seperti antara lain;
1. Bos yang suka mencaci-maki atau berkata kasar
2. Karyawan yang mengambil atau mencuri hasil karya atau pujian dari karyawan lain
3. Melempar kesalahan atau mencari kesalahan
4. Menyebar gosip
5. Menghianati atau mengucilkan kolega satu tim.

Perilaku-perilaku di atas dapat menyebabkab kemarahan, frustasi dan bahkan balas dendam.
Kepuasan kerja menurun dan kinerja melempem. Angka pengunduran diri meningkat dan orang-orang yang tinggal akan memakam korban lainnya yang lebih banyak lagi.

Berikut adalah hasil survey dari penulis yang dilakukan terhadap berbagai profesi di Amerika di berbagai perusahaan menanggapi kekasaran di tempat kerja:
1. 48% menurunkan daya kerjanya,
2. 47% menurunkan jam kerjanya,
3. 38% menurunkan kualitas kerjanya,
4. 66% kinerja menurun,
5. 80% kehilangan waktu kerja untuk memikirkan kejadian tersebut,
6. 63% kehilangan waktu untuk menghindari pelaku,
7. 78% komitmen kepada perusahaan menurun.

Perilaku tak sopan atau uncivil atau kasar perlu dihukum dan pelaku yang mengulanginya untuk dikurangi (cut loose).

Advertisements