image

Judul Buku: The Beatles – The Stories Behind the Songs 1962-1966
Penulis: Steve Turner
Penerbit: Carlton Books
Tahun: terbitan 4-2009

Dalam prakata penulis menyatakan bahwa apa yang ditulisnya hanyalah ingin menceritakan bagaimana cerita setiap lagu Beatles diciptakan dan memberikan pemahaman dari keajaiban penciptaan lagu dari Beatles.

Dalam buku ini terdapat 7 album Beatles pada era 1962-1966 yang terdiri dari 97 lagu.

Layaknya postulat Austin Kleon dalam bukunya Steal It Like an Artist, Beatles adalah salah satu artis legendaris yang berhasil mempraktikkan postulat “Fake It Till You Make It”. Pada mulanya Beatles menjadika  Elvis sebagai role model mereka, hingga akhirnya mereka bisa mengungguli Elvis dan mendapatkan keberuntungan mereka.
John & Paul adalah bintang pop pertama yang memiliki pendidikan tinggi, walaupun keduanya tidak meneruskan sekolah, namun mereka terbilang pandai di sekolah. Sebelum era Beatles, musik pop hanya karir untuk remaja drop out.

Pada awal karirnya, lagu-lagu Beatles tidak mengutamakan lirik, walau secara musikal terbilang kompleks dan selalu ada kord baru dan nyeleneh yang mereka pelajari dari musisi sebelumnya. Musik musik mereka adalah pengaruh dari musik musik idola mereka saat itu, seperti Elvis, Buddy Holly, Gene Vincent, Little Richard & Everly Brothers. Kemudian berlanjut ke girl band Amerika seperti Shirelles & the Choffons dan musik Motown seperti the Miracles & Marvin Gaye. Mereka juga menyukai gaya menulia lagu dari Gerry Goffin dan Carole King.
Selanjutnya setelah mereka sering melakukan tour, musik Bob Dylan mulai mempengaruhi, sebut saja lagu ” I’m a loser” dan “Help” memperlihatkan pengaruh Dylan yang sangat kuat.

Sementara Paul lebih terpengaruh pada musik klasik dan orkestra lewat pacarnya yang aktris yaitu Jane Asher. Hal ini bisa terlihat pada karyanya “And I Love Her”, “We Can Work It Out” dan “Yesterday”.

John dan Paul adalah dua pribadi yang saling melengkapi, dimana John adalah pribadi yang melankolis dan selalu merasa tak aman, sedangkan Paul lebih realistis dan optimis.

Yang menarik dari perkembangan tiap album the Beatles adalah, penolakan mereka untuk terbatasi pada musik pop yang mainstream saat itu. Untuk hal ini saya teringat pada apa yang dikatakan Austim Kleon dalam bukunya Steal It Like an Artist sebagai Genuinity atau Autenthicity.

Selanjutnya saya akan coba cuplikkan beberapa lagu Beatles yang menarik.

1. Album Please Please Me

A. I Saw Here Standing There

Lagu ini asalnya berjudul “Seventeen”, semula diciptakan oleh Paul yang memiliki minat menulis lagu tentang gadis 17th dengan alasan bahwa kebanyakan gadis menyukai lagu-lagu cinta.
Awalnya, 2 bait lirik pertama adalah “She was just seventeen, Never been a beauty queen”. Namun ketika didiskusikan dengan John, lirik kemudian berubah seperti saat ini, menjadi “You know what I mean” yang menandakan ajakan seksual karena usia 16th adalah usia yang diperbolehkan di Inggris saat itu bagi gadis untuk berhubungan seksual.

Paul-John menulis lagu ini dengan gitar akustik dan Paul benar-benar meniru kord bass Chuck Berry di lagu “I’m Talking About You” sepenuhnya. Yang menarik, walau Paul mengakui dia meniru, tapi tidak ada yang pernah mempercayainya untuk hal ini.

B. PS I love You
Ditulis oleh Paul pada 1961, setelah kepulangan Dorothy Dot ke Liverpool. Dot adalah kekasih Paul di masa itu.

C. Do You Want To Know A Secret?
John menulis lagu ini atas kenangan masa kecil ketika dulu ibunya sering menyanyikan lagu dari film Walt Disney tahun 1937, Snow White and The Seven Dwarfs: ‘Wanna know a secret?, Promise not to tell?, We are standing by a wishing well’ (I’m Wishing, words & music by Larry Morey & Frank Churchill).
Menurut Harrison, inspirasi lagu ini berasal dari lagu ‘I Really Love You’ hit tahun 1961 dari Stereos.
John juga membuat demo lagu ini dengan gitar akustik gitar di dalam kamar mandi, bisa terdengar dari suara flush toilet di akhir lagu, cukup unik.

C. There’s A Place
Lagu yang ditulis John akan kesedihan yang dialaminya dan mencoba merefleksikannya kedalam dirinya sendiri.
Walau John mengaku keseluruhan lagu adalah ciptaannya, namun Paul menyatakan bahwa ide awal lagu ini berasal darinya yang datang dari lagu West Side Story, ‘There’ A Place For Us’ (1957).

2. Album With The Beatles
Berbeda dengan album pertama yang butuh 5 tahun penyelesaian, album ini hanya perlu 5 bulan saja. Pada album ini mereka dipaksa menciptakan lagu dimanapun dan kapanpun. Namun hal ini malah membuat John dan Paul makin kreatif.
John-Paul sepertinya memiliki radar akan apa yang ingin didengar publiknya, yaitu lagu yang langsung tertuju secara pribadi pada setiap penggemar wanita, seperti From Me To You, Thank You Girl, I’ll Get You.
Setelah dirilis pada November 1963, album ini menjadi pop album no.1 yang terjual lebih dari 1 juta kopi.

A. She Loves You
Lagu inilah yang menjadi pemuncak dari album kedua. Beat yang memacu, harmoni yang baik, suara ‘wooo’ yang genit, serta kata-kata ‘yeah yeah yeah’ menjadi pembeda dari lagu ini.
Lagu ini diciptakan oleh John dan Paul di Newcastle, di Turk’s Hotel, setelah mereka bermain di Majestic Ballroom pada Juni 1963. Lagu diciptakan dengan gitar akustik dan mereka berdua duduk di ranjang yang berbeda.
Sebelumnya lagu ini lebih berorientasi pada ‘aku’ hingga John merubahnya menjadi sudut pandang orang ketiga. Paul mendapat ide dari lagu Bobby Rydell ‘Forget Him’.
Ada berbagai intetpretasi akan lagu ini, seakan-akan seperti rekonsiliasi namun juga bisa diartikan ancaman pihak ketiga untuk mendapatkan seorang gadis.

3. Album A Hard Day’s Night
Album ini menandai terobosan bagi Beatles dimana setiap lagunya ditulis oleh Beatles sendiri. Album ini juga dijadikan sebagai film yang sangat sukses mendongkrak penjualan albumnya sebagaimana ditujukan seperti itu di awal. Penghasilan dari film mencapai 30 kali dari biaya produksinya.
Album ini, seperti album sebelumnya, dibuat Beatles di bawah tekanan, namun hebatnya tetap ada nuansa personal di dalamnya.
Album ini menjadi no.1 di Inggris dan Amerika pada tahun 1964.

A. A Hard Day’s Night
Judul lagu berasal dari Ringo yang sempat mengeluhkan pembuatan album yang dikerjakan tak henti siang dan malam. Dia menyangka hari masih siang, tapi ternyata sudah sangat malam saat itu.
Lagu ini dinyanyika  oleh Paul, karena nadanya yang tinggi tak bisa dicapai oleh John.

B. If I Fell
Lagu ini sangat pribadi bagi John yang saat itu rumah tangganya sedang diambang perceraian dengan Cynthia. Lagu ini termasuk salah satu lagu terbaik dari John yang menceritakan cinta terlarang. Menurut John, lagu ini semi-autobiografi dan dikenal menggambarkan ketidaksetiaannya pada Cynthia, namun John mencoba menghindari konfrontasi langsung.

B. And I Love Her
John menyatakan lagu ini Paul’s first Yesterday’. Sementara Paul menilai lagu ini sebagai ‘lagu pertama yang bahkan membuatnya terkesan’.
Lagu terinspirasi, lagi-lagi, dari kecintaan Paul pada aktris Jane Asher.
Ini adalah lagu pertama yang dibuat secara akustik dan Ringo memainkan bongo.

4. Album Help
Ini album kedua yang dijadikan sebagai film dan dirilis Agustus 1965 serta memuncaki tangga lagu di Inggris dan Amerika. Seperti halnya album A Hard Day’ Night, semua lagu dalam album Help tidak berhubungan dengan filmnya.
Beatles mengungkapkan kecewa dengan film ini karena mereka hanya menjadi pelengkap saja.
Help adalah periode dimana Beatles mulai mengkonsumsi ganja secara rutin.

A. I’m Down
Lagu ini adalah lagu yang dibuat oleh Paul dengan meniru lagu Little Richard, ‘Long Tall Sally’ dengan set gaya Beatles.

B. Help
Lagu ini diciptakan oleh John dan Paul di rumah John di Weybridge, Kenwood, pada April 1965 sebagai ungkapan rasa kecewa John pada dirinya sendiri, dimana saat itu dia merasa terperanhkap dalam ketenarannya.

C. You’ve Got To Hide Your Love Away
Ada yang mengatakan bahwa lagu ini ditujukan John kepada Brian Epstein untuk menyembunyikan hubungan homoseksualnya yang pada saat itu masil ilegal di Inggris. Namun ada juga yang mengatakan bahwa lagu ini untuk John sendiri dan affair-nya.

D. You’re Goin To Lose That Girl
Lagu ini diciptakan John dan disempurnakan Paul di Weybridge, konon merupakan sekuel dari She Loves You.

E. Ticket To Ride
John mendeskripsikan lagu ini sebagai heavy metal pertama yang direkam.

F. It’s Only Love
Ini adalah lagu yang sangat dibenci oleh John karena liriknya buruk, memalukan dan basi.

G. Yesterday
Lagu ini diciptakan Paul ketika terbangun di suatu pagi dengan alunan lagu Yesterday telah terngiang di kepalanya danbia tuangkan pada permainan piano. Spekulasi mengatakan bahwa Paul menulis lagu ini sebagai ungkapan penyesalan atas kematian ibunya.

5. Album Rubber Soul
Album ini menandai periode penting transisi dari the Beatles. John menyebutnya sebagai awal pencerahan dari band, akhir dari masa liar the Beatles. Dirilis Desember 1965 dan memuncaki tangga lagu Inggris dan Amerika.
Album ini juga menandakan masa eksperimen Beatles dengan musik dan suara baru, dimana Paul mulai memainkan Fuzz Bass dan George dengan Sitar. Paul juga menyitir bahwa album ini menandai awal dari lagu dan lirik lagu yang lebih humoris.
Nowhere Man adalah lagu pendobrak yang menceritakan kekurang percayaan. Lagu Paul, We can work it out menunjukkan kedewasaan. Lagu The Word ciptaan John merupakan ekspresi cinta universal yang kemudian menjadi dasar dari lagu ‘Within You, Without You’ dan ‘All You Need Is Love’.

A. Day Tripper
Merupakan lagu khas John untuk menggambarkan pengaruh obat-obatan pada lagu-lagu Beatles.

B. We Can Work It Out
Lagu ini menggambarkan retaknya hubungan Paul dengan Jane Asher, dimana Paul menunjukkan ketidaksetujuannya atas kepergian Jane dari London untuk mengejar karir.

C. Nowhere Man
Seperti halnya Help, lagu ini menggambarkan John yang merasa dirinya tidak berharga. Kemungkinan pada saat itu John sedang berada dalam masalah pernikahan dan sedang berada jauh di luar kota.

6. Album Revolver
Revolver, dirilis Agustus 1966, menandai perkembangan signifikan dalam musik Beatles dan juga akhir dari era Beatles. Setelah ini musik mereka hanya dibuat di studio dan tidak ditujukan untuk ditampilkan secara langsung. Beatles lebih menyenangi eksperimen studio dan musiknya mulai dipengaruhi efek psychedelic.
Album ini juga menandai keretakan hubungan John dan Paul, dimana John mulai merasa iri dan tak aman dengan tertariknya Paul pada eksperimen seni yang dianggap John sebagai ranahnya.

A. Taxman
Taxman diciptakan oleh George. Saat itu George diharuskan membayar super tax sekira 96% dari penghasilannya.
Ada kemungkinan chorus akhir dari lagu ini dipengaruhi oleh theme lagu serial tv Batman saat itu.

B. Here, There and Everywhere
Lagu ini ditulis Paul sebagai ungkapan cintanya untuk Jane Asher. Baik John maupun Paul menyebut lagu ini sebagai salah satu favorit mereka.

C. Yellow Submarine
Paul menciptakan lagu ini untuk anak-anak dan agar bisa dinyanyikan dengan mudah oleh anak-anak.
Namun ada juga rumor yang menyatakan bahwa lagu ini berhubungan dengan obat-obatan. Di New York, kapsul kuning Nembutal sering disebut juga sebagai ‘yellow submarines’. Tapi Paul membantah rumor ini.

D. And Your Bird Can Sing
Dikatakan bahwa lagu ini adalah sindiran yang ditujukan John kepada Paul. John merasa iri dan tak aman ketika Paul mulai mencoba eksperimen seni yang dianggap John sebagai ranahnya sebagai bekas pelajar seni.

Advertisements