image

Judul buku : The Beatles – The Stories Behind The Songs 1967-1970
Penulis: Steve Turner
Penerbit: Carlton Book
Tahun:  edisi 4 – 2009

Inilah era penghujung dari the Beatles, dimana John sudah tidak begitu memegang peran sentral ketika Yoko Ono mulai menguasai hidupnya dan Harrison mulai muncul menciptakan lagu. Setelah album Sgt. Pepper, Paul mulai mendominasi penciptaan lagu Beatles. Kemitraan ketika terciptanya lagu She Loves You dan I Wanna Hold Your Hands telah berakhir.

1. Album Sgt Pepper’s Lonely Hearts Club Band
Ini adalah album pertama yang dibuat Beatles secara total di studio tanpa terganggu jadwal tampil di panggung dan tour. Album ini dirilis pada Juni 1967 atau lebih dikenal dengan Summer of Love. Ada 4 lagu yang sangat berbeda dan dapat menggambarkan masa itu, yaitu Lucy In The Sky With Diamonds, She’s Leaving Home, Within You Without You dan A Day In A Life. Sisa lagu yang lain sangatlah British pop.
Album ini juga konon disebut sebagai concept album pertama.
Menurur Bary Miles, kontak Beatles saat itu, Paul adalah otak dari album ini dibandingkan John. John saat itu kecanduan berat dan sibuk menyingkirkan egonya.

A. Penny Lane
Penny Lane adalah nama jalan dimana John dan Paul menghabiskan masa kecil mereka. Menurut mereka Penny Lane adalah jalan dimana orang-orang selalu bersahabat dan cuaca selalu cerah di saat itu.

B. Strawberry Fields Forever
John menciptakan lagu ini saat rehat pembuatan film How I Won The War di Almeira Spanyol. Lagu ini mengisahkan tentang bagaimana John pada waktu masa mudanya menganggap dirinya selalu berbeda dengan orang-orang di sekitarnya.
Dia pernah berujar, bahwa tidak seorangpun bisa selaras dengan pemikirannya dan bisa jadi karena itu dia adalah seorang jenius atau seorang berbeda.
Strawberry Field (John menambahkan ‘s) adalah rumah yatim piatu di Beconsfield Road, Woolton, 5 menit berjalan kaki dari rumah John di Menlove Avenue. Itu adalah tempat dimana John bermain dan bertemu Aunt Mimi di saat liburan.
Setiap kali memasuki Strawberry Field, John merasa menemukan dunianya yang lain dan di masa dewasa adalah tempat pelariannya dari kecanduan obat.

B. Lucy In The Sky With Diamonds
John mengaku menciptakan lagu ini terinspirasi dari lukisan anaknya, Julian, yang melukis teman sekolahnya bernama Lucy dan permata-permata di langit.
Namun rumor mengabarkan bahwa lagu ini adalah mengenai obat LSD yang sedang populer saat itu dan juga dikonsumsi oleh John.

C. Within You Without You
Lagu ini diciptakan Harrison dengan aroma timur yang kental. Harrison sangat tertarik dengan sitar dan belajar kepada Ravi Shankar saat itu. Lagu ini direkam sendiri oleh Harrison tanpa melibatkan anggota Beatles yang lainnya.

D. A Day In A Life
Ini adalah lagu pertama yang merupakan gabungan lagu tak terselesaikan dari John dan Paul.

2. Album The Beatles/The White Album
Terjadi perubahan pada the Beatles di album ini, dimana mereka mulai tertarik pada ajaran seorang guru dari India, Maharishi Yogi. Pada awalnya Pattie Harrison yang menghadiri kuliah darinya dan mulai mengajak George serta anggota Beatles lainnya pada Agustus 1967.
Meninggalnya Brian Epstein pada 27 Agustus 1967 membuat mereka kehilangan sosok ayah dan semakin membuka mereka untuk mengikuti ajaran Maharishi yang mereka datangi di India pada Februari 1968.
Ajaran Maharishi ini membawa ketenangan dan refleksi diri pada Beatles dan juga menyalakan kembali pertemanan musikal mereka.
Beatles mengaku telah menciptakan 30 lagu sepulangnya mereka dari India untuk dijadikan album baru berikutnya, walau sebenarnya hanya 15 lagu saja yang benar-benar diciptakan di India, karena tidak adanya instrumen listrik yang mereka bawa ke India.

A. Back in the USSR
Antara tahun 1965-1968, terjadi persaingan sehat dan saling mengagumi antara Beatles dan rival mereka di amerika yaitu the Beach Boys. Lewat albumnya Pet Sounds, the Beach Boys banyak terinspirasi oleh album Revolver dan Sgt Pepper dari Beatles, terutama untuk lagu ‘Sloop John B’, ‘Wouldn’t It Be Nice’ dan ‘God Only Knows’.
Back in the USSR adalah salah satu lagu yang diciptakan Paul yang terinspirasi dari percakapannya dengan Mike Love dari Beach Boys suatu saat ketika mereka sedang sarapan bersama, Love mengatakan mengapa Beatles tidak menciptakan lagu versi Soviet untuk Back in the USA-nya Chuck Berry. Maka terciptalah ‘Back in the USSR’ sebagai parodi dari Back in the USA-nya Chuck Berry.
Lagu ini di amerika sendiri mendapat banyak kritikan, terutama dari aktifis anti komunis, karena perang dingin dan Vietnam tengah berkecamuk saat itu.

B. Obladi Oblada
Kata Obladi Oblada aslinya adalah kata-kata tanpa arti yang sering diucapkan seorang artis asal Nigeria, yaitu Jimmy Anonmuogharan Scott Emuakpor. Dia adalah pemain conga yang sering dijumpai Paul di Bag o’Nail club di Soho, London. Kata Obladi Oblada selalu digunakan Scott dalam pertunjukkannya, dimana dia akan mengucapkan Obladi pada penonton dan penonton membalasnya dengan kata Oblada, kemudian Scott akan menutup dengan kata Life Goes On. Ketiga kata ini digunakan Paul sebagai judul lagu dan refrain lagunya.
Scott mengklaim kata-kata itu dan menggugat Beatles atas digunakannya dalam lagu. Pada 5 Juli 1968, Scott memainkan conga untuk the Beatles dan itu adalah satu-satunya saat dia bekerjasama dengan Beatles.
Pada sekitar 1969, Scott ditahan karena dianggap gagal membiayai mantan istrinya. Beatles menolongnya keluar penjara dan menyelesaikan kasus ini dan sebagai gantinya Scott mencabut gugatannya atas Beatles.
Lagu ini juga dianggap sebagai White Ska, karena lagu dan karakter Desmond yang ada dalam lagu terinspirasi dari Jamaika.

C. While My Guitar Gently Weeps
Ketertarikan George pada buku I Ching dan prinsip perubahannya, membuatnya memutuskan menrapkan prinsip tersebut pada caranya mencipta lagu. George menciptakan lagu ini dengan judul terinspirasi dari sebuah novel, ‘gently weeps’ adalah salah satu kata menarik yang diambilnya sebagai bagian judul lagu.
Lagu direkam pada Juli 1968 tanpa keterlibatan satupun anggota Beatles lain, namun Eric Clapton ikut membantunya memainkan lead gitar.

D. Don’t Pass Me By
Ini adalah satu-satunya lagu yang ditulis Ringo dan akhirnya direkam oleh Beatles setelah Ringo memperjuangkannya kepada rekan-rekan Beatles selama 4 tahun. Mulanya lagu diciptakan Ringo berirama country dan western namun Paul dan John akhirnya menyanyikannya dalam irama blues.

E. I Will
I Will adalah lagu pertama yang akhirnya ditulis Paul untuk, yang kemudian menjadi istrinya, yaitu Linda.

F. Sexy Sadie
Sepertinya lagu ini berkisah tentang wanita yang memanfaatkan laki-laki, tapi sebenarnya John membuat lagu ini untuk menyindir Maharishi Mahesh Yogi. Konon Maharishi hanya memanfaatkan Beatles untuk uang dan untuk mendekati wanita.

3. Album Let It Be
Let It Be konon adalah album disintegrasi dari Beatles. Dalam pengerjaan album ini Paul memegang kendali dan memaksa rekan yang lain untuk pengerjaan album sementara John dan George sudah mulai ogah-ogahan dan menunjukkan ketidaksenangannya.
Pengerjaan album ini juga memicu keluarnya Paul dari Beatles, dipicu karena tidak digubrisnya permintaan Paul agar lagu Long and Winding Road dikembalikan ke bentuknya semula.
Paul kemudian mengeluarkan solo album pada December 1970 dan mengajukan gugatan hukum pada Beatles.

A. Across The Universe
John menciptakan lagu ini berkisar tentang proses kreatifnya mencipta lagu. Ditulis setelah bertemu Maharishi Mahesh Yogi.

B. Let It Be
Lagu ini ditulis Paul sebagai luapan kekecewaan dan jawaban dari tekanan yang dialami karena mulai renggangnya hubungan masing-masing personil Beatles. Kehadiran Yoko menemani John di sesi rekaman tidak disukai personil lainnya. George mulai ogah-ogahan karena lagunya selalu ditolak, sementara Ringo sudah mulai mengambil cuti liburan.

C. The Long And Winding Road
Seperti halnya lagu Yesterday, lagu ini diciptakan Paul tanpa alasan yang spesifik.
Lagu ini sebenarnya menggambarkan keadaan di High Park, sebuah peternakan di Skotlandia, yang berangin dan jalannya berliku.

D. The Ballad of John and Yoko
John menulis lagu ini setelah proses pernikahannya dengan Yoko dirasa tidaklah mudah.
Lagu ini direkam oleh Paul dan John dengan Paul memainkan bass, piano, maracas dan drum, sementara John memainkan lead dan akustik gitar serta vokal.

4. Album Abbey Road
Lagu-lagu dalam album ini menggambarkan rasa frustasi dari Beatles. Abbey Road adalah album perpisahan dari the Beatles, dimana George menampilkan dua lagunya yaitu Here Comes the Sun dan Something.
Di Inggris, Abbey Road dirilis pada September 1969 dan jadi nomor 1 selama 18 minggu dan di Amerika rilis di Oktober 1969 dan bertahan di puncak selama 11 minggu.

A. Come Together
John menulis lagu ini sebagai dukungan pada Timothy Leary yang saat itu mencalonkan diri menjadi presiden Amerika melawan Reagan.

B. Something
George terinpirasi oleh lagi Ray Charles yang dibayangkannya menyanyikan lagu ini dan album James Taylor di tahun 1968 ‘Something In The Way She Moves’ dalam menciptakan lagu ini.

C. Here Comes the Sun
Pada Januari 1969, John dan Yoko menunjuk Allen Klein sebagai manajer Beatles yang lambat laun disetujui oleh George dan Ringo, sementara Paul tetap loyal dengan John Eastman, seorang lawyer New York dan kakak dari Linda.
Banyaknya rapat yang dilakukan oleh Klein membuat George tak nyaman dan kabur ke Inggris menemui Eric Clapton. Lagu ini kemudian tercipta pada pelarian itu di suatu pagi yang cerah di sana.

Advertisements